Powered By Blogger

Minggu, 23 Oktober 2011

Cara Membersihkan Helm


Selain demi keamanan, helm juga mempengaruhi kenyamanan berkendara. Coba kalau rekan-rekan pakai helm yang kotor, dijamin bakal gak betah dan bikin gak nyaman berkendara. Padahal gak ribet dan gak susah-susah amat membersihkan helm itu. Cukup sediakan kain bersih yang halus, tissue basah dan tissue untuk wajah. Tissue basah mempunyai kandungan air yang tidak berlebihan dan biasanya juga mengandung alkohol yang berguna untuk mematikan bakteri. Jangan sekali-kali menggunakan deterjan, terutama pada bagian busa paddingnya. Pada dasarnya, bahan busa tak bersahabat dengan deterjen, terlalu sering dicuci dengan deterjen lama kelamaan busa padding bisa jadi kempes.

Tissue basah itu berguna untuk menyeka permukaan padding (busa dalam). Tissue basah yang mengandung alkohol dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan timbulnya bau. Akan lebih baik kalau busa dilepas dulu (bila bisa dilepas) untuk memaksimalkan dalam meneka lapisan dalam padding. Setelah diseka, segera angin-anginkan, jangan sampai terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak kerapatan busa. Idealnya dilakukan pembersihan 1-2 minggu sekali agar debu tak menumpuk.

Selanjutnya, untuk membersihkan shell (batok luar), bisa diseka secara merata dengan kain lap halus yang dibasahi dengan sedikit air. Setelah itu baru dikeringkan menggunakan tissue wajah yang halus dengan diusap perlahan.

Berikutnya adalah membersihkan kaca atau visor helm. Copot kaca dari helm kemudian guyur air secara merata. Lebih bagus kalau disiram air dari keran (yang mengalir) beberapa saat sampai debu yang menempel di kaca terbawa air. Selanjutnya, keringkan kaca menggunakan tissue wajah. Cara mengusapnya dari arah yang simetris, dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jangan di usap dengan arah yang tak jelas, karena dapat membuat kaca baret-baret jika masih ada debu yang menempel.

Nah itu dia sedikit tips mencuci helm yang benar. Slamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar